Beranda » Artikel Terbaru » Apa Perbedaan Antara IECEx dan Sistem Klasifikasi Lokasi ATEX Berbahaya?

Apa Perbedaan Antara IECEx dan Sistem Klasifikasi Lokasi ATEX Berbahaya?

Diposting pada 5 December 2019 oleh owner | Dilihat: 339 kali

Sangat penting untuk memahami apa yang merupakan lokasi berbahaya di tempat kerja atau pengaturan lain untuk menjaga pekerja dan karyawan tetap aman. Ada beberapa kode yang menguraikan apa yang dianggap lokasi berbahaya, termasuk NEC AS, Canadian CEC, ATEX Uni Eropa, dan IECEx standar internasional.

Jika Anda ingin rincian komprehensif dan perbandingan NEC dan CEC dari AS dan Kanada, Anda dapat menemukan artikel blog sebelumnya yang kami tulis di sini.

Apa itu ATEX

Sederhananya, ATEX adalah nama dari dua Directive untuk mengendalikan lingkungan eksplosif yang digunakan oleh Uni Eropa (UE), satu Directive untuk pabrikan dan satu Directive untuk pengguna peralatan.

Kedua arahan termasuk Directive 99 / 92 / EC, yang juga disebut ATEX 137 atau ATEX Workplace Directive, dan Directive 2014 / 34 / EC, yang juga disebut ATEX Equipment Directive dan menggantikan Directive 94 / 9 / EC lama untuk sektor komersial dan industri. Akronim ini mendapatkan namanya dari bahasa Prancis Appareils destinés à être utilisés en ATmosphères EXplosibles, judul dalam 94 / 9 / EC Directive.

Sama seperti NEC AS, ATEX dipecah menjadi zona klasifikasi untuk gas berbahaya, uap, kabut dan debu.

Zona 0 dianggap sebagai lokasi berbahaya di mana gas berbahaya, uap atau kabut ada terus menerus atau untuk jangka waktu yang lama sering.

Zona 1 dianggap sebagai lokasi berbahaya di mana gas berbahaya, uap atau kabut kemungkinan ada dalam kondisi operasi normal pada kesempatan tertentu.

Zona 2 dianggap sebagai lokasi berbahaya di mana gas berbahaya, uap atau kabut tidak mungkin hadir dalam kondisi operasi normal, tetapi jika mereka, mereka hanya hadir untuk waktu yang singkat.

Zona 20 dianggap sebagai lokasi berbahaya jika debu yang mudah terbakar hadir untuk jangka waktu yang lama sering.

Zona 21 dianggap sebagai lokasi berbahaya jika debu yang mudah terbakar kemungkinan akan ada dalam kondisi operasi normal.

Zona 22 dianggap sebagai lokasi berbahaya jika debu yang mudah terbakar tidak mungkin ada di bawah kondisi operasi normal, tetapi jika itu terjadi, itu akan ada hanya untuk waktu yang singkat.

ATEX 99 / 92 / EC (ATEX 137 / Petunjuk Tempat Kerja)

Petunjuk ini menjelaskan persyaratan minimum yang harus ada untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi pekerja yang berpotensi berisiko dalam lingkungan eksplosif. The Dangerous Substances dan Explosive Atmospheres Regulations 2002 (DSEAR) diciptakan untuk melaksanakan persyaratan dalam ATEX 137.

Persyaratan dalam DSEAR berlaku untuk sebagian besar lingkungan kerja di mana ada kemungkinan kebakaran atau ledakan karena elemen mudah terbakar yang hadir. DSEAR mendefinisikan lokasi berbahaya sebagai area di mana lingkungan eksplosif dapat terjadi dalam jumlah yang memerlukan tindakan pencegahan khusus untuk menjaga pekerja tetap aman.

Namun, area di mana lingkungan eksplosif tidak diharapkan terjadi bahkan dalam jumlah yang memerlukan tindakan pencegahan khusus dianggap sebagai lokasi yang tidak berbahaya. Tindakan pencegahan khusus dalam hal ini hanya mengacu pada pengendalian sumber pengapian potensial dalam lokasi berbahaya dengan memasang dan menggunakan peralatan khusus tahan ledakan.

Area berbahaya yang dinyatakan oleh pemberi kerja atau pemilik fasilitas diklasifikasikan dalam Zona. Klasifikasi yang diberikan untuk masing-masing Zona, ukuran dan lokasinya tergantung pada kemungkinan lingkungan menjadi eksplosif dan persistensi atau lamanya waktu jika itu terjadi.

ATEX 2014 / 34 / EC (ATEX 95 / Petunjuk Peralatan)

Petunjuk ini berkaitan dengan perkiraan undang-undang Negara Anggota UE mengenai peralatan dan sistem perlindungan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam lingkungan yang berpotensi meledak.

Apa itu IECEx

IECEx adalah singkatan dari Sistem Komisi Elektroteknik Internasional untuk Sertifikasi Standar yang Berkaitan untuk Penggunaan di Atmosfir yang Meledak di mana ‘Ex’ pada akhirnya berarti ‘lingkungan eksplosif’. IEC adalah organisasi global teratas yang menyiapkan dan menerbitkan semua Standar Internasional untuk semua teknologi listrik, elektronik dan teknologi terkait lainnya.

Tujuan Sistem ini adalah untuk membantu memfasilitasi perdagangan peralatan dan layanan internasional yang akan digunakan di (berpotensi) lokasi eksplosif atau berbahaya sambil mempertahankan tingkat keamanan yang diperlukan.

Sistem IECEx sebenarnya adalah seperangkat empat skema terpisah yang dikembangkan untuk memberikan pengakuan internasional dan koordinasi output dari berbagai sistem klasifikasi dan laboratorium uji yang mempraktikkan berbagai tingkat keahlian dengan standar yang berbeda.

Alasan utama untuk sistem internasional ini termasuk untuk membantu mengurangi biaya pengujian dan sertifikasi untuk produsen karena negara yang berbeda memiliki standar yang berbeda. Jika peralatan berasal dari satu negara di bawah satu set standar keamanan dan dikirim ke negara lain dengan seperangkat standar keselamatan yang berbeda, peralatan tersebut harus diuji di negara tersebut untuk mematuhi panduannya untuk digunakan di lokasi berbahaya. Alasan lain termasuk mengurangi waktu ke pasar, kepercayaan internasional dalam proses penilaian produk dan hanya satu daftar basis data internasional.

Perbedaan Utama Antara ATEX dan IECEx

Meskipun baik ATEX dan IECEx menggambarkan persyaratan yang diperlukan untuk peralatan yang dimaksudkan untuk digunakan di lokasi yang berpotensi berbahaya dan berbahaya, mereka berbeda dalam beberapa hal dengan perbedaan utama adalah bahwa ATEX didorong oleh hukum dan IECEx didorong oleh standar.

Perbedaan lain adalah bahwa ATEX hanya berlaku di UE, sedangkan IECEx diterima secara global. Juga, ATEX secara hukum diperlukan untuk semua peralatan non-listrik dan listrik yang akan digunakan di lokasi berbahaya. Namun, IECEx hanya diperlukan untuk peralatan listrik di lokasi berbahaya.

Dalam hal standar, kepatuhan ATEX dengan standar tidak wajib, tetapi untuk IECEx, pengesah pihak ketiga bertanggung jawab untuk menggabungkan semua aspek manufaktur dan desain untuk sertifikasi publik. Secara sederhana, IECEx lebih ketat daripada ATEX mengenai penanganan bukti selama proses sertifikasi.

Perbedaan mendasar lainnya adalah cara masing-masing panduan disiapkan. Sistem IECEx sebenarnya adalah salah satu dari empat Sistem Penilaian Kesesuaian yang dioperasikan oleh IEC. Sistem IECEx mencakup empat bagian Sertifikasi Internasional terpisah, termasuk IECEx Certified Equipment Scheme, IECEx Certified Services Scheme, IECEx Conformity Mark Licensing System dan IECEx Certified Competent Persons Scheme. Namun, ATEX mengacu pada dua arahan yang terpisah, tetapi terkait seperti diuraikan di atas.

Larson Electronics membawa berbagai macam lampu dan perlengkapan ledakan bukti dan peralatan area kerja ledakan lainnya seperti pemanas untuk semua klasifikasi area kerja yang berbahaya. Deskripsi produk yang terperinci memberikan klasifikasi NEC sehingga para operator mengetahui peringkat dan di mana itu dapat digunakan untuk menjaga orang-orang tetap aman di area kerja yang berbahaya.

Bagikan informasi tentang Apa Perbedaan Antara IECEx dan Sistem Klasifikasi Lokasi ATEX Berbahaya? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Perbedaan Antara IECEx dan Sistem Klasifikasi Lokasi ATEX Berbahaya? | Glodok Exproof

Belum ada komentar untuk Apa Perbedaan Antara IECEx dan Sistem Klasifikasi Lokasi ATEX Berbahaya?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
WAROM BXJ8050 Series GRP Explosion Proof Terminal Panel Box

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Panel Fire Alarm System/ Fire Alarm Control Panel / Alarm Fire System

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
QINSUN BAM880 Series LED Rechargeable Explosion Proof Torch Video Camera

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR